LOMBA UP2K PKK TAHAP I

Selasa Pahing, 17 April 2018 11:54 WIB ∼ 1746

Foto Berita

Ketua TP PKK Desa Bangunjiwo sedang memaparkan kondisi umum wilayah Desa Bangunjiwo

UP2K PKK "Dewi Kunthi" Desa Bangunjiwo hari ini Selasa 17/4 mengikuti lomba mewakili Kecamatan Kasihan dengan acara pemaparan dan evaluasi administrasi di DPPKBPMD.

Pemaparan dilaksanakan oleh Ketua TP TKK Desa Bangunjiwo Diah Arinie dan Ketua UP2K PKK Desa Bangunjiwo Sri Martilah, mereka memaparkan profil TP PKK dan profil UP2K PKK.

UP2K PKK adalah kependekan dari usaha peningkatan pendapatan keluarga - pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Ini merupakan aktivitas ekonomi kelompok perempuan yang memberikan sumbangan bagi perekonomian rumah tangga. Adapun tujuan kegiatan lomba atau evaluasi di antaranya sebagai media pembunaan dan penilaian sehingga bisa memberikan motivasi dan semangat bagi para pelaku UP2K PKK di tingkat kecamatan serta mampu memberikan sumbangan dalam pengembangan ekonomi lokal melaui kebijakan one village one product atau produk andalan setempat yang diinovasikan agar pendapatan keluarga meningkat, serta seberapa jauh pemasarannya. Adapun dasar pelaksanaan evaluasi ini adalah Permendagri Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan PKK.

Setelah tahap pertama ini yaitu pemaparan dan evaluasi administrasi, bila lolos tiga besar, peserta akan mendapat kunjungan lapangan dari yuri kabupaten dalam rangka verifikasi lapangan dan selanjutnya menentukan kejuaraan I sd. III.

Potensi TP PKK Desa Bangunjiwo dengan pengurus 25 orang mempunyai PKK Pedukuhan 19 buah, PKK RT 146 buah dan dasa wisma 433 kelompok. Adapun UP2K PKK Desa Bangunjiwo yang memiliki motto : "Mengabdi sepenuh hati, berkarya tiada henti", awal berdiri tahun 1986 dengan mengelola dana bandes sebesar Rp.100 ribu yang berkembang pada 2017 menjadi Rp.36,8 juta lebih dan saat ini memiliki 11 poklak (kelompok pelaksana), dengan anggota 218 orang. Adapun jenis usaha bidang pertanian : sayur, polowijo, pisang. Bidang makanan olahan : bakpia, criping pisang. Bidang kerajinan rumah tangga : kipas bambu, tambir, kreneng, pisau batik, keramik, bunga klobot, dsb. Prestasi kelompok UP2K PKK Desa Bangunjiwo antara lain yaitu : Piagam Penghargaan Mendagri dan TP PKK (Nasional) Pakarti Madya II Tingkat Nasional Pelaksana Terbaik UP2K PKK Kategori Kabupaten Tahun 2013; Piagam Penghargaan TP PKK Kabupaten sebagai Juara Harapan I Evaluasi UP2K PKK Tingkat Kabupaten Tahun 2014.(snt20180417)

Puskesmas
di Kapanewon Kasihan

Puskesmas Kasihan I

Puskesmas Kasihan I

Jl. Bibis Km 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul

Puskesmas Kasihan II

Puskesmas Kasihan II

Jl padokan, kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Komando Rayon Militer Kasihan

Koramil / Komando Rayon Militer Kasihan

Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Kepolisian Sektor Kasihan

Polsek / Kepolisian Sektor Kasihan

Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 450025

Kantor Urusan Agama Kasihan

KUA / Kantor Urusan Agama Kasihan

Jl. Madukismo No. 260, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 384083