EVALUASI ASMAN TOGA

Rabu Pahing, 2 Mei 2018 09:54 WIB ∼ 762

Foto Berita

Sambutan Wakil Bupati

Tim DIY Rabu pagi ini 2/5 melaksanakan kegiatan evaluasi kelompok asman toga (asuhan mandiri tanaman obat keluarga) Mekar di Pedukuhan Jomegatan Desa Ngestiharjo. Kegiatan Tim yang berlangsung di rumah Dukuh Jomegatan yaitu melaksanakan kegiatan observasi dan verifikasi lapangan pelaksanaan asman toga, setelah kelompok tersebut dinominasikan maju lomba tingkat DIY mewakili Kabupaten Bantul.

Hampir setiap rumah di Dusun Jomegatan mempunyai tanaman obat keluarga (Toga). Kebanyakan ditanam antara lain tanaman lidah buaya, sirih hijau dan kunyit. Tanaman lainnya seperti sirih merah, jahe, temu lawak, temu hitam, pegagan, dan berbagai sayuran termasuk katu yang bermanfaat untuk ibu menyusui. Demikian disampaikan Ketua Kelompok Asman Mekar Helena Sudilah dalam paparannya yang disampaikan di hadapan tim yuri. Di samping menanam toga yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit sebagai pertolongan pertama bagi warga dusun, kelompok Asman Mekar juga mengembangkan pijat refleksi atau akupresur.

Program unggulan kelompok ini yaitu Budiman Dasi Merah atau Budidaya menanam dan memanfaatkan daun sirih mencegah gusi berdarah dan Syberhattra atau Sinergi Bersama Penyehat Tradisional dengan pijat refleksi atau akupresur yang telah mendapat pelatihan dari Puskesmas.


Puskesmas
di Kapanewon Kasihan

Puskesmas Kasihan I

Puskesmas Kasihan I

Jl. Bibis Km 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul

Puskesmas Kasihan II

Puskesmas Kasihan II

Jl padokan, kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Komando Rayon Militer Kasihan

Koramil / Komando Rayon Militer Kasihan

Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Kepolisian Sektor Kasihan

Polsek / Kepolisian Sektor Kasihan

Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 450025

Kantor Urusan Agama Kasihan

KUA / Kantor Urusan Agama Kasihan

Jl. Madukismo No. 260, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 384083