PERTEMUAN KECAMATAN I

Selasa Pahing, 22 Mei 2018 21:49 WIB ∼ 316

Foto Berita

suasana pertemuan (foto : Mursidi)

Dalam rangka pelaksanaan program PISEW, diselenggarakan rapat koordinasi yang disebut dalam program sebagai Pertemuan Kecamatan (PK) I mengambil tempat di Pendopo Kecamatan Kasihan pada Selasa sore 22/5.

Program PISEW atau pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah adalah program dari pusat dalam hal ini Ditjen Cipta Karya Kemenpupr yang pada 2018 ini di DIY mempunyai lokasi di 20 kecamatan di 4 kabupaten praktis di Kabupaten Bantul ada 5 kecamatan yaitu : Banguntapan, Kasihan, Kretek, Pandak dan Pundong,

Program PISEW menyediakan infrastruktur dasar skala kecamatan sekalibus meningkatkan kapasitas daerah berbasis potensi ekonomi unggulan dengan mendapatkan skim pendanaan yang disebut Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) yang disalurkan kepada dan dilaksanakan kegiatannya oleh BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) dengan nominal anggaran Rp.600 juta sebagiannya maksimal Rp.10 juta digunakan untuk operasional BKAD dalam melaksanakan kegiatan PISEW ini. Diharapkan dengan penyediaan infrastruktur ini dapat memicu dan memacu pertumbuhan sosial ekonomi wilayah kecamatan dengan menunjuk 1 desa sebagai pusat kawasan dan 2 desa lainnya sebagai desa penyangga. Di Kecamatan Kasihan melalui pertemuan ini ditentukan desa Bangunjiwo sebagai desa pusat kawasan dan Desa Tamantirto serta Desa Tirtonirmolo sebagai desa penyangga.

Pada pertemuan ini disampaikan sosialisasi Program PISEW dan mekanisme pelaksanaan/pencairan dana yang dijelaskan oleh tim dari DIY, paparan hasil penggalian potensi oleh fasilitator masyarakat (FM) dari program ini yang berkedudukan di kecamatan, penandatangan pakta integritas penerimaan dan pelaksanaan kegiatan PISEW di Kecamatan Kasihan dan pembentukan tim pemelihara hasil kegiatan.

Pada pertemuan ini disepakati tema yang diangkat untuk pengembangan wilayah yaitu pariwisata yang diharapkan punya dampak luas dengan kegiatan susur sungai yang dapat menghubungkan kawasan di tiga desa sasaran PISEW. Selanjutnya setelah pertemuan ini akan dilaksanakan tahapan-tahapan berikutnya menuju realisasi pelaksanaan konstruksi infrastruktur.(snt20180522)

 


Puskesmas
di Kecamatan Kasihan

Puskesmas Kasihan I

Puskesmas Kasihan I

Jl. Bibis Km 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul

Puskesmas Kasihan II

Puskesmas Kasihan II

Jl padokan, kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Komando Rayon Militer Kasihan

Koramil / Komando Rayon Militer Kasihan

Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Kepolisian Sektor Kasihan

Polsek / Kepolisian Sektor Kasihan

Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 450025

Kantor Urusan Agama Kasihan

KUA / Kantor Urusan Agama Kasihan

Jl. Madukismo No. 260, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 384083