UPACARA HARKITNAS 2018

Senin Legi, 21 Mei 2018 09:09 WIB ∼ 212

Foto Berita

Pengibaran bendera Merah Putih (foto : Mursidi)

Upacara bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-110 Tahun 2018 Tingkat Kecamatan Kasihan dilaksanakan di Halaman Kecamatan Kasihan pada Hari Senin 21/5, dengan Inspektur Upacara Komandan Rayon Militer Kasihan Kapten Rajiko. Harkitnas yang diperingati setiap Tanggal 20 Mei, tahun ini mengambil tema : Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia dalam Era Digital.

Sebelum pelaksanaan upacara, sebagai pengingat sejarah kebangkitan nasional, dibacakan sejarah singkat Boedi Oetomo sebuah perhimpunan sebelum Indonesia merdeka, yang telah memberikan teladan dengan berdiri di barisan terdepan membawa panji-panji kesadaran, menggugah  semangat persatuan yang kenyataan perannya tidak boleh dikesampingkan. Tanggal 20 Mei 1908 adalah berdirinya perhimpunan yang didirikan oleh R.Soetomo dan kawan-kawan pelajar STOVIA Jakarta yang berkeinginan menambah pesatnya usaha mengejar ketertinggalan bangsa dalam penjajahan Belanda, hidup dalam penderitaan dan kebodohan selama ratusan tahun bahkan tingkat kecerdasan rakyat sangat rendah karena sistem kolonialisme yang berusaha membodohi dan membodohkan bangsa jajahannya.

Inspektur upacara dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara yang isinya antara lain sejalan dengan tema peringatan tahun ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasaitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri. Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia. Bahwa memaknai peringatan tahun ini dengan semaksimal mungkin memfasilitasi kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa pada tahun-tahun mendatang.

Usai upacara diselenggarakan rapat koordinasi muspika plus di ruang kerja Camat Kasihan membahas keamanan, ketenteraman dan ketertibah umum di wilayah serta berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan Ramadhan.(snt20180521)

 


Puskesmas
di Kecamatan Kasihan

Puskesmas Kasihan I

Puskesmas Kasihan I

Jl. Bibis Km 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul

Puskesmas Kasihan II

Puskesmas Kasihan II

Jl padokan, kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Komando Rayon Militer Kasihan

Koramil / Komando Rayon Militer Kasihan

Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Kepolisian Sektor Kasihan

Polsek / Kepolisian Sektor Kasihan

Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 450025

Kantor Urusan Agama Kasihan

KUA / Kantor Urusan Agama Kasihan

Jl. Madukismo No. 260, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 384083