UPACARA HARLAH PANCASILA 2018

Jumat Pahing, 1 Juni 2018 08:33 WIB ∼ 506

Foto Berita

pengibaran Bendera Merah Putih (foto : Mursidi)

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dan pada Jumat pagi (1/6) dilaksanakan upacara bendera tingkat kecamatan di halaman Kecamatan Kasihan dengan Inspektur Upacara Camat Kasihan Susanto. Upacara diikuti oleh TNI, POLRI, ASN, pamong desa, mahasiswa dsb.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 ini : "Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi".  Bertindak selaku Inspektur Upacara ialah Camat Kasihan Susanto yang dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo antara lain menyampaikan bahwa Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. “Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Selanjutnya Jokowi juga mengajak untuk menjadikan Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran. Dan pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 ini menurutnya penting bagi bangsa Indonesia meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi, dan berprestasi. “Kita harus terus-menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar, dan bangsa pemimpin,” ujar Jokowi.

Jokowi juga mengajak menjadikan bulan Ramadhan ini sebagai momentum untuk memperkuat ethos peduli dan berbagi dengan memupuk semangat gotong royong masyarakat untuk menggapai keadilan sosial. Dengan semangat dan energi kebersamaan kita akan mampu berprestasi memenangkan kompetisi. “Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya yang unggul dan tangguh.” kata Jokowi.

“Saya yakin semangat berprestasi ini juga membara di seluruh lapisan masyarakat dan di seluruh jenis profesi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur,” ujarnya. Termasuk semangat atlet kita untuk mengibarkan bendera Merah Putih  di Asian Games dan Asian Para-Games yang diselenggarakan tahun ini.

Jokowi juga mengingatkan agar menjadikan momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-niai Pancasila. “Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” ajakan Jokowi. (snt20180601)


Puskesmas
di Kapanewon Kasihan

Puskesmas Kasihan I

Puskesmas Kasihan I

Jl. Bibis Km 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul

Puskesmas Kasihan II

Puskesmas Kasihan II

Jl padokan, kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Komando Rayon Militer Kasihan

Koramil / Komando Rayon Militer Kasihan

Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Kepolisian Sektor Kasihan

Polsek / Kepolisian Sektor Kasihan

Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 450025

Kantor Urusan Agama Kasihan

KUA / Kantor Urusan Agama Kasihan

Jl. Madukismo No. 260, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 384083