PEMBINAAN UP2K PKK

Ahad Pon, 22 Juli 2018 11:01 WIB ∼ 970

Foto Berita

pembinaan dari Ketua Pokja II TP PKK Kabupaten Bantul

Pembinaan UP2K PKK oleh tim kabupaten dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Kasihan Minggu (22/7). Acara ini menghadirkan UP2K PKK Desa Tirtonirmolo dan pihak terkait baik Lurah Desa maupun Kasi Kesejahteraan Desa, maupun jajaran TP PKK Desa Tirtonirmolo, juga TP PKK Kecamatan serta Seksi Ekbanglh Kecamatan Kasihan.

Kegiatan ini merupakan persiapan menanggapi kunjungan monitoring dan evaluasi dari DIY. Karena UP2K PKK Desa Tirtonirmolo terpilih yang terbaik tahun 2017 ini, maka dipersiapkan untuk mewakili Kabupaten Bantul ke Tingkat DIY.

UP2K PKK Desa Tirtonirmolo yang merupakan binaan Pokja II TP PKK Desa Tirtonirmolo yang merupakan kelompok khusus diberi nama Srikandi (tokoh wanita tangguh istri Arjuna dalam jagat pewayangan), berdasarkan SK Lurah Desa Tirtonirmolo Nomor 22 Tahun 2014. Adapun produk unggulannya yaitu : tempe bermentega; olahan pepaya menjadi karikates, dodol, permen, geplak; tas limbah plastik; konveksi; intip; tas batik; emping mlinjo rendah purin; telur asin; aneka jus; kerudung; jamu tradisional; tahu kedelai; serabi kocor; keripik tempe sagu; keripik tempe krispi; aneka suvenir; tenun batik lurik; fashion batik; dsb

UP2K PKK Srikandi Desa Tirtonirmolo menyediakan dana bergulir, terdiri dari 18 kelompok pelaksana (poklak) dengan anggota 133 orang dari 12 pedukuhan yang anggota aktif 105 orang, anggota yang tidak/belum pinjam lagi 23 orang dan yang tidak lancar/macet dalam angsuran 5 orang. Modal atau dana bergulir yang dimilikinya mencapai Rp.20,520 juta dengan rincian berasal dari bantuan desa /ADD Rp.13 juta, dari APBD Rp.4,86 juta dan swadaya masyarakat Rp.2,66 juta. Penghargaan yang pernah diterima UP2PKK Srikandi yaitu Juara II Evaluasi Administrasi UP2K PKK Tingkat Kabupaten Bantul dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-36 Tahun 2008 dan Pengelola Terbaik I Evaluasi Kinerja Pengelolaan UP2K PKK Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2017.

Tentu dari kelompok UP2K PKK berharap monitoring dan evaluasi dari DIY dapat berjalan lancar dan aman, oleh karenanya tim Kabupaten berpesan untuk menanggapi tim dari DIY segala sesuatu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, supaya menimbulkan hal yang berkesan bagi tim monev.(snt20180722)


Puskesmas
di Kapanewon Kasihan

Puskesmas Kasihan I

Puskesmas Kasihan I

Jl. Bibis Km 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul

Puskesmas Kasihan II

Puskesmas Kasihan II

Jl padokan, kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Komando Rayon Militer Kasihan

Koramil / Komando Rayon Militer Kasihan

Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Kepolisian Sektor Kasihan

Polsek / Kepolisian Sektor Kasihan

Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 450025

Kantor Urusan Agama Kasihan

KUA / Kantor Urusan Agama Kasihan

Jl. Madukismo No. 260, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 384083