FESTIVAL BERGODO RAKYAT KASIHAN

Ahad Pahing, 5 Agustus 2018 09:18 WIB ∼ 549

Foto Berita

penampilan salah satu peserta

Sebanyak 23 kelompok bergodo rakyat dilepas oleh Wakil Bupati Bantul H.Abdul Halim Muslih Minggu (5/8) dengan rute dari Kompleks Madukismo menuju lapangan Tamantirto melalui jalur Pedukuhan Kembaran dengan jarak tempuh sekitar 2,2 km. Mereka terdiri dari Bergodo Manggolo Yudho dari Kodim Bantul dan Bergodo Panji Parentah se-DIY sebagai "cucuk lampah" dan Bergodo Winoto Manggolo sebagai penutup arak-arakan bergodo. Adapun 20 bergodo lainnya merupakan peserta festival yang dinilai oleh yuri dalam kemasan Festival Bergodo Rakyat Kasihan Tahun 2018 dalam rangka melestarikan budaya adiluhung yang didukung oleh maraknya muncul kelompok bergodo hampir di setiap pedukuhan di Kecamatan Kasihan.

Dalam sambutannya Wakil Bupati antara lain mengajak untuk melestarikan peninggalan nenek moyang kita untuk anak cucu sebagai peninggalan yang tak ternilai harganya. Dengan festival ini diharapkan menambah kesadaran masyarakat dalam memelihara budaya Indonesia agar jangan sampai terpengaruh budaya asing yang tidak cocok dan bisa merusak mental bangsa Indonesia.

Camat Kasihan Susanto pada kesempatan ini menyampaikan bahwa bergodo rakyat bermunculan hampir tiap pedukuhan dan Tahun 2018 ini baru pertama kali diselenggarakan festival atau lomba atas inisiatif pengurus Bergodo Winoto Manggolo Ngewotan, Pedukuhan Janten, Desa Ngestiharjo. Dan akan diagendakan menjadi kegiatan rutin tahunan untuk waktu mendatang sehingga harapannya dapat memotivasi kelompok Bergodo yang ada untuk melestarikan budaya semacam ini sekaligus melalui bergodo dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa setia kawan, gotong royong, peduli budaya, pembinaan karakter dst.

Menurut Ketua Umum Panitia Cahyono Budi Santoso hasil akhir penilaian dari yuri diperoleh kejuaraan : Juara I Bergodo Semarseto Pedukuhan Sidorejo Ngestiharjo; Juara II Bergodo Wiroboyo Pedukuhan Jeblog Tirtonirmolo (sekaligus memegang Juara Umum) dan Juara III Bergodo Wirosobo Pedukuhan Soboman Ngestiharjo. Para juara memperoleh piagam dan piala/trophi serta uang pembinaan.(snt20180805)

 

 

 


Puskesmas
di Kapanewon Kasihan

Puskesmas Kasihan I

Puskesmas Kasihan I

Jl. Bibis Km 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul

Puskesmas Kasihan II

Puskesmas Kasihan II

Jl padokan, kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Komando Rayon Militer Kasihan

Koramil / Komando Rayon Militer Kasihan

Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Kepolisian Sektor Kasihan

Polsek / Kepolisian Sektor Kasihan

Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 450025

Kantor Urusan Agama Kasihan

KUA / Kantor Urusan Agama Kasihan

Jl. Madukismo No. 260, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 384083