PENGHARGAAN SENIMAN/BUDAYAWAN

Kamis Kliwon, 25 April 2019 10:45 WIB ∼ 448

Foto Berita

Daru Maheldaswara (paling kiri) dan Bondan Nusantara (kedua dari kiri) memperoleh piala dan uang pembinaan

Dua seniman Kasihan yaitu Daru Maheldaswara dan Bondan Nusantara, Kamis pagi (25/4) menerima penghargaan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul. Penghargaan diberikan dalam gelaran acara Penyerahan Penghargaan Seniman/Budayawan Petestari Adat/Tradisi dan Pelestari Cagar Budaya Kabupaten Bantul Tahun 2019 di Joglo Wasito Kweden Trirenggo Bantul.

Gelaran acara ini menurut Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto, adalah wujud apresiasi Pemerintah Kabupaten Bantul kepada seniman/budayawan, pelestari adat/tradisi dan pelestari cagar budaya yang telah berkomitmen dalam pelestarian, pembinaan, pengembangan, pemanfaatan budaya lokal wilayah Kabupaten Bantul agar dapat lebih mendorong  kreativitas dan inovasi. Dengan pemberian penghargaan ini dimaksudkan mereka untuk menjadi potensi unggulan Kabupaten Bantul yang selanjutnya ikut serta memberikan sumbangan membangun karakter bangsa yang menjadikan kebudayaan tetap mengakar kuat dalam ke-Indonesiaan sekaligus tumbuh subur mewarnai keragaman budaya dunia.

Pada Tahun 2019 ini penghargaan diberikan kepada lima seniman/budayawan ( 2 di antaranya dari Kecamatan Kasihan), lima pelestari adat/tradisi dan lima pelestari cagar budaya. Penerima penghargaan seniman/budayawan yaitu : Sarno HS Pundong, Yuriah Sewon, Daru Maheldaswara Kasihan, Bondan Nusantara Kasihan, Ki Timbul Hadiprayitno (almarhum) Jetis. Penerima pelestari adat/tradisi yaitu : Kupatan Kring Jolosutro Piyungan, Mertibumi Nyadran Surocolo Pundong, Rosulan Tridusun Dlingo, Nyadran Makam Sewu Pandak, Nguras Enceh Imogiri. Penerima penghargaan pelestari cagar budaya yaitu : Masjid Giriloyo Imogiri, Rumah Tradisional Bapak Kumara Celeb Sanden, Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran Bambanglipuro, Situs Gunung Kelir Pleret, Rumah Joglo Bu Mulatinah Mangir Lor Pajangan.

Profil kedua seniman dari Kecamatan Kasihan penerima penghargaan tersebut, yang pertama Daru Maheldaswara lahir 1959 tinggal di Perumahan Kasongan Permai Bangunjiwo dengan riwayat pekerjaan sebagai wartawan KR group mulai 1977 dan redaktur Mingguan Pagi dari tahun 1984 sampai dengan 1998 dan keahlian di bidang seni/budaya yaitu teater dan sastra. Yang kedua Bondan Nusantara lahir 1952 tinggal di Kasongan Bangunjiwo dengan riwayat pekerjaan/keahlian di bidang seni/budaya sebagai penulis naskah dan sutradara kethoprak.(sumber : Buku Profil Penghargaan Seniman/Budayawan, Pelestari Adat/Tradisi dan Pelestari Cagar Budaya, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul)


Puskesmas
di Kapanewon Kasihan

Puskesmas Kasihan I

Puskesmas Kasihan I

Jl. Bibis Km 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul

Puskesmas Kasihan II

Puskesmas Kasihan II

Jl padokan, kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Komando Rayon Militer Kasihan

Koramil / Komando Rayon Militer Kasihan

Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Kepolisian Sektor Kasihan

Polsek / Kepolisian Sektor Kasihan

Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 450025

Kantor Urusan Agama Kasihan

KUA / Kantor Urusan Agama Kasihan

Jl. Madukismo No. 260, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 384083