REHAB RUTILAHU

Rabu Kliwon, 10 April 2019 12:27 WIB ∼ 265

Foto Berita

kondisi rutilahu

Rabu pagi ini (10/4) kegiatan rehabilitasi RTLH (rutilahu=rumah tidak layak huni) di RT.02 Pedukuhan Ngebel Desa Tamantirto dimulai. Para relawan sibuk membongkar rutilahu untuk kemudian dibangun kembali. Rumah yang ditinggali Pak Slamet seorang diri ini kondisinya memang tidak layak untuk menjadi tempat tinggal. Nampak atap rumah dari asbes, dinding gedhek dan lantai masih tanah.

Tempat tinggal Pak Slamet yang lahannya mengindung di tempat orang lain ini memang sulit untuk memperoleh bantuan stimulan rehab rumah dari berbagai program yang mensyaratkan kepemilikan lahan sendiri atau lahannya tidak bermasalah. Pak Slamet adalah peserta PKH dengan komponen lansia yaitu ibunya dan karena ibunya telah meninggal maka dia sudah tidak menjadi peserta PKH lagi.

Melihat tempat tinggalnya yang demikian itu, Pendamping PKH dari Kecamatan Kasihan yang selama ini mendampinginya menempuh berbagai cara agar bisa memperoleh bantuan agar rumahnya bisa direhab supaya lebih sehat. Dan melalui Peduli Dhuafa, pak Slamet memeroleh bantuan program rehabilitasi rumahnya dengan nilai bantuan sekitar 4 jutaan rupiah dan didukung para relawan lainnya dalam mewujudkan rumah yang layak huni antara lain dari Info Sedulur Pucung dan Berkah Bantul (Berbagi Tak Akan Rugi). 

Nantinya wujud rumah yang terrehab berupa rumah "kutangan" yaitu setengah permanen dengan dinding batako 1 meter disambung papan dan lantai cor semen, sedangkan atapnya masih menggunakan atap lama. Untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan air, nantinya juga akan dibuatkan sumur air dangkal, yang ini merupakan bantuan dari pihak lain di luar bantuan rehab RTLH tadi.

Semangat tinggi para relawan termasuk tetangga yang bersimpati untuk menggarap rumah pak Slamet diharapkan dapat segera mewujudkan harapan pak Slamet untuk tinggal di rumah yang lebih layak dan sehat yang dijadwalkan proses rehabilitasi rumah ini selama 2 hari.

Camat Kasihan bersama jajaran Kasi Ekbang dan Lingkungan Hidup Kecamatan Kasihan yang ikut menyaksikan pembongkaran RTLH ini mengharapkan bahwa Desa Tamantirto menganggarkan kegiatan rehabilitasi RTLH lebih banyak lagi tidak hanya 5 unit (sesuai dengan jumlah minimal yang diwajibkan oleh Perbup), namun dioptimalkan sesuai dengan kemampuan keuangan desa sehingga RTLH yang ada di desa ini segera dieliminasi. Hal ini disampaikan oleh Camat Kasihan kepada Kasi Pelayanan Desa Tamantirto yang hadir mewakili Lurah Desa Tamantirto, dan selanjutnya harapan  ini akan disampaikan kepada Lurah Desa Tamantirto  agar memperoleh perhatian untuk penganggarannya ke depan dalam rangka segera meniadakan RTLH menuju tempat tinggal yang layak dan sehat. Rumah yang sehat dan layak huni akan membantu masyarakat meraih derajat kesehatan yang lebih baik.


Puskesmas
di Kapanewon Kasihan

Puskesmas Kasihan I

Puskesmas Kasihan I

Jl. Bibis Km 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul

Puskesmas Kasihan II

Puskesmas Kasihan II

Jl padokan, kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Komando Rayon Militer Kasihan

Koramil / Komando Rayon Militer Kasihan

Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Kepolisian Sektor Kasihan

Polsek / Kepolisian Sektor Kasihan

Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 450025

Kantor Urusan Agama Kasihan

KUA / Kantor Urusan Agama Kasihan

Jl. Madukismo No. 260, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 384083