SOSIALISASI DAN SIMULASI BENCANA

Jumat Legi, 26 April 2019 09:55 WIB ∼ 349

Foto Berita

peragaan pemadaman api bersumber dari gas yang bocor

Dalam rangka HKG (Hari Kesiapsiagaan Bencana) 2019 bertepatan dengan Tanggal 26 April 2019 Jumat pagi ini diselenggarakan sosialisasi dan simulasi bencana. HKG diperingati berdasarkan hari pengesahan Undang-Undang No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Kegiatan ini dilaksanakan secara mandiri oleh kantor Kecamatan Kasihan dan didukung oleh BPBD Kabupaten Bantul khususnya satuan Damkar pos Kasihan, dengan tujuan untuk memupuk kesadaran karyawan akan adanya potensi bencana dan kesiapsiagaan karyawan yang berada di kompleks Kecamatan Kasihan. Potensi bencana yang ada di wilayah Kecamatan Kasihan antara lain : gempa bumi, angin puting beliung, kekeringan, tanah longsor, banjir dan kebakaran. Dan yang relevan dengan aktivitas perkantoran yaitu gempa bumi dan kebakaran, oleh karenanya pada kesempatan ini sosialisasi dan simulasi dipililh pada potensi bencana ini.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Kasihanan dengan materi menghadapi bencana gempa bumi dan juga kebakaran oleh narasumber tunggal Prawoto Komandan Damkar Pos Kasihan. Dan simulaksi dilaksanakan di Kompleks Kantor Kecamatan Kasihansi serta diikuti oleh pegawai atau semua penghuni kompleks kantor. 

Evaluasi dari kegiatan simulasi tersebut muncul beberapa gagasan dan perlunya dipenuhi atau disediakan beberapa hal agar tangguh terhadap bencana yaitu bahwa masih diperlukan SOP yang dipahami oleh semua karyawan atau pengguna tempat kerja serta perlu dibentuk satuan tugas penanggulangan bencana di lingkungan kantor, pentingnya sarana dan prasarana pendukung seperti ketersediaan APAR yang siap pakai, prasarana titik kumpul, dan peralatan-peralatan lainnya, juga bahan informasi tertempel di dinding yang menjadi sumber acuan melakukan tindakan tertentu dalam menanggapi adanya bencana dsb.

Harapan dengan adanya kegiatan ini yaitu agar para karyawan bisa mengambil langkah yang tepat ketika menghadapi bencana sehingga meminimalkan terjadinya korban jiwa maupun kerugian harta benda apalagi dokumen maupun inventaris kantor yang vital. 

 


Puskesmas
di Kapanewon Kasihan

Puskesmas Kasihan I

Puskesmas Kasihan I

Jl. Bibis Km 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul

Puskesmas Kasihan II

Puskesmas Kasihan II

Jl padokan, kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Komando Rayon Militer Kasihan

Koramil / Komando Rayon Militer Kasihan

Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Kepolisian Sektor Kasihan

Polsek / Kepolisian Sektor Kasihan

Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 450025

Kantor Urusan Agama Kasihan

KUA / Kantor Urusan Agama Kasihan

Jl. Madukismo No. 260, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 384083