UPACARA 17-AN SEPTEMBER 2019

Selasa Kliwon, 17 September 2019 08:51 WIB ∼ 64

Foto Berita

Pengibaran Bendera Merah Putih

Selasa 17/9 Upacara Bendera 17-an Tingkat Kecamatan Kasihan Bulan September 2019 dilaksanakan di Halaman Kecamatan Kasihan dengan peserta TNI, POLRI, ASN, Karyawan/wati, siswa/siswi se-Kecamatan Kasihan. Adapun Petugas upacara kali ini yaitu bertindak selaku inspektur upacara Camat Kasihan Susanto, Perwira Upacara Ipda Muh. Riyadi dari Polsek Kasihan, Komandan Upacara Serma Suparman dari Koramil Kasihan, adapun pamong desa Tamantirto kali ini mendapat giliran sebagai Petugas pengibar bendera,  pembaca Pembukaan UUD 1945, pembaca doa dan pembawa acara. Paduan suara didukung oleh siswa/i SD Kasongan.

Dalam amanatnya, inspektur upacara mengingatkan kembali bahwa kegiatan upacara bendera 17-an rutin bulanan dan peringatan hari besar nasional adalah upaya pelestarian nilai-nilai kebangsaan (nasionalisme) dan kejuangan (patriotisme). Sebagai peserta upacara kita diingatkan kembali untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dan pendahulu kita dalam mencapai tujuan dibentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana tercantum dalam alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang baru saja dibaca petugas yaitu melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Di Kabupaten Bantul tujuan itu dirumuskan dalam visi pembangunan yaitu mewujudkan masyarakat Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera berdasarkan nilai-nilai keagamaan, kemanusiaan dan kebangsaan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tentu dalam melaksanakan program dan kegiatan, sesuai tupoksi masing-masing berlandaskan jalan hidup dan dasar negara yaitu Pancasila. Inspektur upacara mengajak sebagai pelajar tentu akan belajar keras agar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang melanjutkan cita-cita pendiri bangsa. Sebagai TNI, POLRI, ASN, Pamong Desa, Karyawan/wati dan komponen lainnya harus mampu membangun soliditas, bersinergi, bekerjasama, gotong royong untuk mengabdi bersama di Kecamatan Kasihan ini dalam rangka untuk membawa masyarakat yang lebih baik dan lebih sejahtera. 

Selanjutnya diingatkan kepada lurah desa, memasuki akhir musim kemarau ini, agar mewaspadai bencana kekeringan yang menimpa sebagian penduduk di wilayah rawan kekeringan dan bila terjadi kekurangan air bersih, segera untuk dilaporkan kepada kecamatan atau langsung ke BPBD Kabupaten Bantul agar segera tercukupi kebutuhan air bersih tersebut. Kepada lurah desa juga diingatkan untuk segera menyusun RAPBDes 2020 supaya kalau tidak tergesa-gesa, bisa mencerminkan kebutuhan nyata warga masyarakat desa masing-masing sehingga program dan kegiatan yang akan dilaksanakan mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat. Demikian pula untuk program kegiatan yang sudah diagendakan di APBDes 2019 agar segera dilaksanakan dan diselesaikan, karena ini bulan mendekati akhir tahun, sehingga kemanfaatan program dan kegiatan itu lekas dinikmati oleh masyarakat.

Usai upacara dilaksanakan rapat koordinasi di ruang kerja Camat Kasihan yang diikuti oleh forkompincam plus kepala unit instansi dan lurah desa se-Kecamatan Kasihan membahas isu dan perkembangan wilayah terakhir. 


Puskesmas
di Kecamatan Kasihan

Puskesmas Kasihan I

Puskesmas Kasihan I

Jl. Bibis Km 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul

Puskesmas Kasihan II

Puskesmas Kasihan II

Jl padokan, kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Komando Rayon Militer Kasihan

Koramil / Komando Rayon Militer Kasihan

Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Kepolisian Sektor Kasihan

Polsek / Kepolisian Sektor Kasihan

Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 450025

Kantor Urusan Agama Kasihan

KUA / Kantor Urusan Agama Kasihan

Jl. Madukismo No. 260, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 384083