Rencana Strategis

/filestorage/berkas/2018/08/Rencana Aksi Kec Kasihan 2018.pdf

Renstra Kecamatan Kasihan 2016 - 2021 : TUJUAN, SASARAN STRATEGIS DAN KEBIJAKAN

A. TUJUAN JANGKA MENENGAH SKPD

  1. Mencukupi kebutuhan dasar dengan prioritas meningkatkan kecerdasan, ketrampilan dan derajat kesehatan masyarakat yang dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menata (menyempurnakan) lembaga, personal serta sarana prasarana yang mendukung kinerja pemerintah yang efektif dan efisien
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam proses pembangunan.
  4. Mewujudkan stabilitas keamanan, ketertiban dan menegakkan supremasi hukum.
  5. Memberdayakan masyarakat dan lembaga masyarakat dengan semangat gotong royong untuk menanggulangi kemiskinan.
  6. Mengoptimalkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

B. SASARAN JANGKA MENENGAH SKPD

Dengan mempertimbangkan tujuan tersebut di atas, maka sasaran pembangunan wilayah periode tahun 2016-2021 adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatnya pelayanan admiistrasi masyarakat
  2. Meningkatnya kualitas perencanaan pembangunan desa .

C. STRATEGI DAN KEBIJAKAN SKPD

Strategi dan kebijakan yang dijunjung tinggi dalam mewujudkan misi serta memberikan batasan dan tuntunan dalam pemilihan cara-cara yang ditempuh dalam mewujudkan misi. Untuk mencapai visi Kecamatan Kasihan maka nilai utama yang dijadikan pedoman adalah asas demokrasi, keterbukaan, kebersamaan, jujur dan adil.

RENCANA PROGRAM, KEGIATAN, INDIKATOR KINERJA, KELOMPOK SASARAN DAN PENDANAAN INDIKATIF A. RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN

Keseluruhan program yang akan dikelola Kecamatan Kasihan selama 5 tahun ke depan (2016-2021) diarahkan untuk mencapai tujuan sebagaimana tercantum dalam visi dan misi Kecamatan Kasihan. Untuk selanjutnya pencapaian visi dan misi Kecamatan Kasihan akan menunjang tercapainya visi dan misi Kabupaten Bantul selama 5 tahun kedepan.

Program merupakan kumpulan kegiatan yang sistematis dan terpadu untuk mendapatkan hasil, yang dilaksanakan oleh satu atau beberapa instansi pemerintah ataupun masyarakat yang dikoordinasikan oleh instansi pemerintah guna mencapai sasaran dan tujuan tertentu. Untuk mengimplementasikan dan melaksanakan kebijakan / program tersebut, ditetapkan satu atau beberapa kegiatan.

Dimana kegiatan itu sendiri merupakan bagian dari program yang dilaksanakan oleh satu atau beberapa satuan kerja sebagai bagian dari pencapaian sasaran yang terukur dan terarah pada suatu program. Dengan kata lain rencana program perlu dijabarkan ke dalam kegiatan yang terukur kinerjanya, jelas kelompok sasarannya, dan juga ada perencanaan anggarannya.

B. INDIKATOR KINERJA

Pengukuran indikator kinerja sangat berguna sebagai pedoman untuk memantau keberhasilan dan kinerja kegiatan pembangunan. Dengan berpedoman indikator kinerja, maka pengelolaan dan pengendalian kegiatan akan lebih terarah dan jika ditemui permasalahan akan lebih mudah pemecahan masalahnya.

C. KELOMPOK SASARAN

Kelompok sasaran dari kegiatan yang dikelola oleh Kecamatan Kasihan adalah meliputi internal Kecamatan, Instansi/UPT/UPTD dan elemen masyarakat yang terlibat dan berkepentingan terhadap perencanaan Musrenbang Desa dan Kecamatan, sesuai dengan visi dan misi Kecamatan Kasihan.

D. PENDANAAN INDIKATIF

Pendanaan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Kecamatan Kasihan bersumber pada dana APBD Kabupaten Bantul. Namun bagi Instansi lain seperti Pertanian, Peterikan, Pendidikan mendapat dana dari APBD Provinsi maupun DAK dari Instansi induknya.

Puskesmas
di Kecamatan Kasihan

Puskesmas Kasihan I

Puskesmas Kasihan I

Jl. Bibis Km 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul

Puskesmas Kasihan II

Puskesmas Kasihan II

Jl padokan, kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Komando Rayon Militer Kasihan

Koramil / Komando Rayon Militer Kasihan

Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Kepolisian Sektor Kasihan

Polsek / Kepolisian Sektor Kasihan

Jl. Bibis, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 450025

Kantor Urusan Agama Kasihan

KUA / Kantor Urusan Agama Kasihan

Jl. Madukismo No. 260, Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(0274) 384083